Amsterdam – Kota Turis yang Menawan

Kami sampai di bandara Schipol Minggu pagi. Bandara Schipol lokasinya berada di antara Amsterdam dan Leiden. Dari Schipol kami langsung naik kereta ke Leiden. Setelah check-in di Hotel Leiden, kami kembali naik kereta ke Amsterdam. Sebelum naik kereta ke Amsterdam, kami terlebih dulu mendatangi Pusat Informasi Turis di Leiden. Di sana kami disarankan membeli Holland Pass. Dengan membeli Holland Pass, kami sudah mendapatkan tiket untuk beberapa atraksi di Amsterdam, antara lain Museum Madam Tussauds, bis hop on hop off dan Amsterdam Canal Cruisel.

Singkat cerita, dari Stasiun Leiden Centraal akhirnya kami sampai di stasiun bernama Amsterdam Centraal. Stasiun ini sangat besar dan kuno bangunannya. Berikut ini fotonya:

Amsterdam Centraal

Tidak seperti stasiun ya facet-nya, lebih mirip istana 🙂 Di dalamnya di lantai bawah adalah tempat membeli tiket kereta. Pada lantai atas baru terdapat platform/peron. Pemandangan di dalam stasiun tidak secantik penampilan luarnya, lebih cantik interior Leiden Centraal. Platform/peronnya ada banyak sekali. Di dalamnya juga ada banyak restoran. Kami makan siang di Burger King dalam stasiun ini. Sama halnya dengan Leiden Centraal, stasiun ini juga berdekatan dengan pusat/terminal bis. Selain bus dan kereta, Amsterdam mempunyai tram yang berkeliling dalam kota.

Setelah keluar dari stasiun, kami pun mencari-cari di peta dimana lokasi Museum Madam Tussauds. Akhirnya dengan berjalan kaki kami sampai di daerah yang bernama Dam Square, seperti pada gambar di bawah ini:

Dam Square

Gedung yang kita lihat pada gambar di atas adalah sebuah istana dan disamping kanannya sepertinya adalah gereja. Di seberang gereja atau di sebelah kanan istana adalah gedung tempat Museum Madam Tussaud berada.

Museum Madam Tussaud

Oleh karena kami sudah membeli tiket Madam Tusaauds, maka kami tidak perlu antri untuk masuk ke sana. Asik kan? Di dalamnya banyak patung lilin dari tokoh atau artis terkenal. Kita bebas mengambil foto asal tertib ya 🙂 Berikut ini contoh salah satu patung lilinnya:

Patung Lilin Angelina Jolie dan Brad Pitt

Setelah selesai foto-foto satu keliling, kami akhirnya keluar dari museum ini dan berjalan kaki (lagi) mencari dimana tempat pemberhentian bus hop on hop off. Sayangnya saya tidak sempat memfoto-foto pemandangan pada kesempatan ini. Selain karena gerimis dan kedinginan, saya sudah sibuk mencari lokasi di peta, tidak punya energi untuk foto. Kami bahkan sempat mencoba naik tram (karena kecapaian jalan) demi menemukan pusat bis ini, namun malah nyasar ke pinggiran kota hehe. Emang sih, liburan kalau gak pake nyasar kayaknya gak seru (menghibur diri). Akhirnya kami kembali dengan tram yang sama (berbalik arah) menuju Amsterdam Centraal kembali.

Bus Hop On Hop Off Amsterdam

Singkat cerita kami akhirnya menemukan tempat pemberhentian bus ini. Kami menunjukkan tiket kami ke pertugas dan langsung diijinkan naik. Ketika naik bis, kami diberikan earphone dan peta (gratis). Selama dalam perjalanan, kami mendengarkan tour commentary yang menceritakan tentang sejarah setiap tempat yang dilewati. Sangat menarik! Anda perlu mencobanya jika baru pertama kali ke Amsterdam.

Sebenarnya kami diijinkan untuk naik turun di tempat-tempat tertentu yang terkenal. Namun berhubung kami kedinginan dan lelah, kami memilih hanya duduk manis dalam bis. Lagi pula kami masih punya rencana lain untuk keliling kanal.

Amsterdam Canal Cruise

Tidak jauh dari perhentian bis hop on hop off, di tepi kanal ada tempat naik ke Canal Cruise. Saat itu sudah sore, tidak banyak turis yang mengantri.

Berikut ini adalah suasana dalam kapal yang akan kami gunakan keliling kanal.

Interior Boat Canal Cruise

Perhatikan bahwa atapnya transparan, sangat memudahkan kita memperhatikan semua sisi. Ini lebih baik dibanding kapal Singapore River Cruise yang atapnya tidak transparan. Pengalaman naik kapal ini sangat mengesankan, kita dibawa melintasi kanal-kanal di sekitar Amsterdam Centraal. Tour commentary juga menceritakan sejarah bangunan-bangunan yang berada di pinggir kanal. Very recommended!

Berikut ini salah satu pemandangan yang sempat saya abadikan:

Setelah selesai keliling kanal, kami akhirnya memutuskan untuk kembali ke Leiden dari stasiun Amsterdam Centraal.

Demikianlah, kota Amsterdam adalah kota yang sangat ramai dikunjungi turis, kota yang sangat indah dengan kanal-kanalnya serta bangunan bersejarah yang khas.